PIRANHA – Hewan Paling Ganas di Dunia

Ternyata bukan Harimau, Singa, ataupun Hiu yang disebut sebagai hewan paling ganas di dunia ini, melainkan sang ikan kanibal Piranha yang meraih predikat tersebut.

piranha2Ikan Piranha sejak lahir sudah memiliki senjata dan membahayakan. bayi piranha hidup dengan memakan udang – udangan, buah dan tumbuhan2 air, tapi tidak berlangsung lama, sesudah panjangnya mencapai 1.5 inch mereka mulai memakan ikan lain yang lewat terlalu dekat. ketika bertambah besar, piranha memulai sekolah (berburu) dengan berkelompok sekitar 20 tiap kelompoknya, mereka menggunakan berbagai macam strategi untuk membunuh dan memakan mangsanya. Ups, mereka tidak membunuh dulu mangsanya melainkan langsung memakan mereka hidup – hidup (tidak heran mereka disebut paling ganas). Dan bicara tentang brutal, Ikan piranha dewasa juga diketahui memakan sendiri bayi – bayi piranha mereka.

Pada saat ikan piranha yang sedang ‘sekolah’ ini mendapatkan mangsa, mereka berpesta dengan mengoyak tubuh buruannya hidup-hidup, air sekitar mereka akan berubah menjadi merah akibat darah buruan mereka dan dalam hitungan menit buruan mereka akan habis tanpa tersisa dagingnya, saking brutalnya mereka makan, piranha tidak perduli apabila dalam proses mengoyak buruan itu yang tergigit bukan sang buruan melainkan teman mereka sendiri, sang piranha lain.

Ada sekitar 20 jenis ikan piranha yang hidup di sungai Amazon, dari kesemuanya sebenarnya hanya 5 jenis piranha yang dikategorikan sebagai ikan berbahaya, kebanyakan jenis ikan piranha adalah pendiam dan tenang. namun salah satu yang paling terkenal akibat keganasannya adalah red-bellied piranha (Piranha perut merah), Pygocentrus nattereri.

Piranha dewasa memakan nyaris apa saja dari mulai berbagai jenis ikan lain, sapi yang lemah dan sakit, bahkan sampai bagian tubuh manusia. sapi sakit yang sedang beristirahat di sungai dan mencelupkan kepalanya ke dalam sungai untuk minum tertarik ke dalam sungai karena hidung dan mulutnya dikoyak oleh piranha, dan akibatnya dalam hitungan menit, sapi tersebut sudah tak berbekas. selain itu mereka juga memakan bangau muda yang terjatuh dari pohon saat belajar terbangm juga caimans (sejenis aligator) kecil yang belum mampu melindungi diri mereka sendiri.

Piranha juga dikenal karena giginya siletnya yang sangat tajam. para penduduk asli di amerika selatan menangkap piranha dan mengambil giginya untuk membuat alat sehari – hari dan senjata. bahkan nelayan yang biasa menangkap ikan kecil brutal ini pun harus berhati – hati saat ikan sudah keluar dari air, seekor piranha yang baru ditangkap masih cukup berbahaya untuk mengoyak daging bahkan sebagian jari nelayan yang tidak berhati – hati.

Walaupun sudah terkenal ganas dan brutal, tetap saja ada sebagian orang yang memelihara ikan piranha sebagai piaraan. karena memang diakui terlepas dari kebrutalannya ikan piranha ini memang cukup gagah dan mampu menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

* Source : http://www.extremescience.com/Piranha.htm

4 Responses to PIRANHA – Hewan Paling Ganas di Dunia

  1. tyas says:

    wah pengetahuan baru !!

  2. Ndan says:

    Aku punya piranha di aquarium

  3. Rima Mukhtar says:

    Wah_^ ,, pengetahuan yg HEBAT !!
    Amazing ………

  4. angela says:

    aku habis makan ikan piranhna goreng pake sambal ama lalap just kidding:) makasih ya pengetahuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: