Membuat Bom Busa ….. Duar !

Sobat sains tentu sering mendengar tentang bom, ya benar,  namun jangan khawatir yang kita akan jadikan proyek sains kali  ini tidak berbahaya, alih – alih menimbulkan luka, bom yang kita akan buat kali ini hanya akan membuat badan kita basah, itupun kalau kita tidak berhati – hati.

nah sobat sains sudah mulai penasaran bukan, baiklah langsung saja, untuk membuat bom busa, dibutuhkan bahan – bahan dan alat sebagai berikut

  • Air
  • Koran sebagai alas
  • Larutan cuka
  • Baking soda
  • Plastik bening berpenutup
  • diterjen dan pewarna
  • Tisu

Setelah ada bahan bahan tersebut, lakukan dengan prosedur sebagai berikut..

  1. Campurkan air, cuka , pewarna makanan (tergantung kalian mau warna apa), dan diterjen kedalam plastik transparan. bag
  2. Tisu dilebarkan, kemudian taruh satu sendok teh baking soda ke atasnya dan kemudian llipat kembali tisu sehingga, baking soda terlapisi oleh tisu.
  3. Kemudian ini bagian yang menarik, masukkan tisu yang berisi baking soda ke dalam plastik berisi campuran cuka, air yang sudah disiapkan, dan dengan cepat tutup penutup plastik tersebut .
  4. Setelah itu kocok plastik dan taruh di tempat yang aman dalam hitungan detik…… Duar ! busa akan memenuhi plastik dan plastik pun meledak…

bomb

Nah bagaiamana, gampang bukan… kalau kalian tidak percaya silahkan dibuktikan sendiri dirumah. tapi ingat ya, jangan melakukan percobaan ini di dalam rumah, tapi lakukanlah di halaman, atau jika tidak lakukanlah di kamar mandi. harap untuk menggunakan baju siap kotor karena busa berwarna akan menyebabkan baju kalian kotor dan jika terkena baju putih nodanya mungkin sulit dibersihkan.

kalau Sobat sains masih penasaran lakukan ulang pecobaan ini dengan berbagai macam variasi :

1. coba gunakan plastik transparan dengan ukuran yang lebih besar.. apakah kamu perlu menambahkan baking soda, cuka dan air untuk membuat kantong meledak..?

2. pada percobaan normal air yang digunakan adalah air dengan temperatur biasa, apa yang terjadi kalau kalian menggatinya  dengan menggunakan air panas ataupun air dingin..?

3. ganti tisu dengan berbagai macam kertas lain seperti kertas koran, karton, buku tulis dll, apakah akan ada pengaruhnya terhadap ledakan…?

nah sekarang coba kalian tebak, kira – kira mengapa kantong tersebut bisa meledak … ? mau tau jawabannya, coba sobat sains tanyakan kepada teman, orang tua atau guru sains di sekolah, setelah itu tuliskan komentar kalian di bawah ini…

sampai jumpa di proyek2 berikutnya, salam sains…. ” SMART & FUN !” ^_^

30 Responses to Membuat Bom Busa ….. Duar !

  1. ngepet says:

    heh babi !eksperimen anjing !ngga bisa bego !

    • bramantiyo says:

      Santai aja, Dalam eksperimen gak semuanya bisa berhasil dalam sekali percobaan.. coba perhatiin lagi komposisi bahannya, terutama air dan cukanya, jangan terlalu banyak airnya..

      Percobaan ini udah diuji cobakan, bahkan oleh anak kelas 3 sd dan berhasil. walaupun pastinya so keep positive… dont blame the world for something u cant do.

  2. ina says:

    walah kenapa gak ada jawabanya nanya mlulu
    ^_^ -,-

    • bramantiyo says:

      hihihi maaf mbak ina, sebenernya memang maksud kita bukan membuat pertanyaan lalu dijawab.. tapi lebih kepada bagaimana menimbulkan rasa ingin tahu yang terus bertambah setiap setelah melakukan kegiatan.. karena filosofi yang sangat kami percaya dalam mempelajari sains ialah segala sesuatu dimulai dari pertanyaan – pertanyaan.. thx.

  3. D says:

    Sekarang kasih tau dong apa jawabannya!!!

  4. D says:

    Jawab dong plese

  5. Lulu says:

    PLESE!!!!kasih tau mengapa bisa sperti itu!?????

  6. rani says:

    Betul betul betul

  7. Jawab dong siapa aja deh yang tau pokoknya jawab kenapa bisa begitu???

  8. olga says:

    Yah malah pada ribut hmmm….😦

  9. Kalau gitu kalau gak ada yang memberi tau kenapa bisa seperti itu, ada yang mau hp sony??? Murah loh canggih lagi!

  10. Bramantiyo says:

    …..:..::::……….

  11. ninis says:

    keren banget percobaanya…
    aq kira itu karena adanya interaksi antara cuka, detergen, dan soda… nah, soda kue itu kan biasanya untuk ngembangin adonan, hall ini juga sama yang terjadi pada eksperimen ini bahwa soda kue mampu mengembangkan atau memuaikan gas” yang ada dalam plastik, so jika gas yang memuai semakin banyak menyebabkan tekanan di dalam plastik juga semakin besar, dan akhirnya tekanan tersebut menekan plastik dan DUARRRRRR…….gmana pak bram, benar begitu ta?

  12. […] Membuat Bom Busa ….. Duar ! […]

  13. danu alfika says:

    kata aku sendiri dan tmn aku katanya bs meledak krn soda itu kekurangan udara!keren banget experimen nya aku jadi banyak pengethuan sains deh thanks you

  14. anis says:

    mas agar berhasil yang perlu diperhatikan itu apa?

  15. angel says:

    Nyoba buat tugas eksperimen di skolahan😀

  16. juwita says:

    Pencampuran cuka dan baking soda akan menghasilkan karbon dioksida. Dalam percobaan ini, campuran cuka dan baking soda dimasukkan ke dalam plastic yang terisolasi (tidak ada udara yang keluar). Lama kelamaan karbon dioksida yang semakin banyak terbentuk akan mendesak keluar dari plastic, dan plastic akan pecah/meledak.
    Menurut Hukum Gay Lussac, “volume tidak berubah, maka tekanan sebanding dengan suhu mutlaknya.

    Pencampuran air hangat dan cuka akan meningkatkan suhu, sehingga tekanan di dalam plastic akan meningkat (kecepatan partikel-partikel gas akan meningkat) sehingga menumbuk dinding plastic, dan akibat dari reaksi tersebut akan menimbulkan ledakan.

  17. Arrester says:

    Percobaan bagus……….

  18. Arrester says:

    Saya akan coba percobaannya…

  19. andi raya says:

    wahh harus di coba tuhh..!!

  20. sandy says:

    cuka disana tu pake cuka apa…??
    Cuka makanan, cuka sayur, cuka aki, apa cuka karet bro… Msih bingun ni

  21. anony says:

    Udah abis 3 botol cuka tetep ga bisa.

  22. Jacqueline00 says:

    KAK ini diterjen cair apa bubuk pake cair bisa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: